Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah

Flek hitam banayk ditemukan pada wajah yang cukup mengganggu penampilan, khususnya kaum wanita. Flek hitam tidak berhubungan dengan jenis kulit kering, normal ataupun berminyak.

Secara umum, flek dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah karena faktor genetik, hormon, ras, sinar UV, kosmetika yang digunakan sehari-hari, serta konsumsi obat-obatan yang memicu terjadinya pigmentasi kulit.

Cara Mencegah Flek Hitam

Cara Mencegah Flek Hitam

Flek hitam pada wajah harus segera diatasi, karena jika tidak maka akan melebar. Oleh sebab itu segera lakukan perawatan secara rutin dan teratur.

Cara Mencegah Flek Hitam Pada Wajah

  • Hindari sinar matahari secara langsung, terutama mulai pukul 09.00-15.00. Jika aktivitas sehari-hari mengharuskan Anda keluar rumah, maka gunakan payung atau topi yang dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Jangan lupa juga gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 15 untuk aktifitas sehari-hari dan spf 30 untuk paparan intens.
  • Berhati-hati dalam memilih cream pemutih wajah. Pilihlah yang benar-benar aman untuk kesehatan kulit wajah.
  • Salah satu faktor penyebab flek hitam adalah penuaan kulit. Saat usia sudah 25 tahun keatas, maka metabolisme mulai melambat. Regenerasi kulit harus dibantu dengan microdermabrasi seminggu sekali. Pengangkatan sel-sel kulit mati akan membantu membuat wajah lebih bersih.
  • Penggunaan cream malam sebelum tidur juga dapat membantu regenerasi kulit. 
Jika wajah Anda terlanjur terkena flek hitam, maka dapat melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon, pepaya dan susu untuk menyamarkan noda hitam. Atau Anda juga bisa melakukan perawatan menggunakan cream untuk flek hitam yang khusus mengatasi masalah tersebut.