Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Cara Penggunaannya

Manfaat daun sirih memang sangat baik untuk kesehatan dan dipercaya dapat mengobati berbagia macam penyakit. Sehingga hanya dengan menggunkana daun sirih, Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi beberapa gangguan yang menyerang tubuh Anda.

Sirih merupakan tanaman yang banyak terdapat di pekarangan rumah kita. Daun sirih sudah tidak asing lagi karena tanaman ini cukup populer. Untuk mendapatkannya tidaklah terlalu sulit, karena tanaman ini ada hampir di seluruh bagian Indonesia, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Manfaat Daun Sirih

manfaat daun sirih

Daun sirih lebih populer dengan manfaatnya untuk membersihkan daerah kewanitaan, dan untuk menghentikan pendarahan pada hidung atau mimisan. Padahal, masih banyak lagi manfaat daun sirih bagi kesehatan selain dua manfaat tersebut. Seperti yang dikutip dari health.okezone.com, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan.
  • Untuk mengobati sakit gigi. Caranya rebus daun sirih, kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan sampai beberapa kali hingga sembuh terutama pada area gigi yang sakit. Selain untuk mengobati gigi, cara tersebut juga dapat mengobati sariawan, gusi bengkak dan bau mulut tak sedap.
  • Untuk sakit Sakit jantung. Caranya, ambil 3 lembar daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya kemudian cuci hingga bersih, 3 buah bawang merah, dan 4 buah biji kemukus. Lalu tumbuk beberapa bahan tadi sampai hangus bersama satu sendok teh jintan. Tambahkan 4 sendok makan air matang. Lalu aduk sampai rata dan saring. Kemudian minum air ramuan tersebut 2 kali sehari, untuk pagi dan sore. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa meminumnya rutin setiap hari.
  • Untuk menghentikan mimisan. Caranya ambil satu lembar daun sirih, kemudian patahkan batangnya, lalu gulung dan masukkan ke dalam lubang hidung yang mimisan. Posisi penderita mimisan harus dalam keadaan rebah kurang lebih 15-30 menit saat hidung disumbat dengan daun sirih sampai darah berhenti mengalir.
  • Menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat ternyata salah satunya bisa menggunakan daun sirih. Caranya Ambil 12 lembar daun sirih, kemudian campur dengan sepotong jahe. Setelah itu masukkan kedua bahan tersebut kedalam cangkir atau gelas, lalu seduh dengan air panas yang baru mendidih. Anda dapat meminum ramuan ini 3 kali sehari. Ramuan ini dapat menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam pada wajah.
Dengan menggunakan bahan alamai tentu saja lebih aman dari bahan kimia yang lebih beresiko terkena efek samping berbahaya. Jadi tidak ada salahnya Anda menanam tanaman sirih di halaman rumah untuk diambil manfaatnya sehari-hari. Semoga manfaat daun sirih diatas bisa bermanfaat.