Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat daun singkong banyak orang yang belum begitu mengetahuinya.  Orang mengetahuinya hanya sebatas untuk dimanfaatkan sebagai sayuran. Banyak yang mengenal daun singkong sebagai sayurnya orang desa. Namun daun singkong menyimpan manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

Daun Singkong mengandung beberapa zat penting diantaranya : Vitamin (A, B17, dan C), Kalsium, Kalori, Fosfor, Protein, Lemak, Hidrat arang, dan Zat besi. Dan tubuh kita sangat membutuhkan zat dalam daun singkong. Bagi yang hanya memandang sebelah mata pada daun singkong, sebaiknya Anda mulai menyukai daun singkong yang ternyata mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan seperti dibawah ini :

Manfaat Daun Singkong

Manfaat Daun Singkong :
  • Mencegah Kanker. Kandungan B17 dalam daun dan umbi singkong merangsang hemoglobin sel darah merah. Penyakit manusia disebabkan oleh kurangnya jumlah sel darah merah. Perlu diketahui, dalam beberapa etnis yang terbiasa mengkonsumsi singkong, kasus kanker jarang terjadi.
  • Untuk Mata sering kabur. Caranya : Ambil daun ubi kayu secukupnya direbus, diberi bumbu garam dan bawang putih secukupnya, dimakan bersama nasi sesering mungkin.
  • Menambah nafsu makan. Caranya : Ambil daun ubi secukupnya, direbus, diberi bumbu garam dan bawang putih secukupnya. Dimakan bersama nasi dan sambal tomat.
  • Sakit Kepala. Caranya : Siapkan 3 lembar daun ubi ditumbuk halus dan dipergunakan sebagai kompres.
  • Diare. Caranya : Ambil 7 lembar daun ubi kayu direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih dan sisakan sampai tinggal 2 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Bila anak yang masih menyusui yang kena diare, ibunya yang meminum.
  • Sebagai Obat Rematik. Caranya :  Siapkan daun singkong segar 5 lembar, Jahe merah 15 gram, Kapur sirih secukupnya, Haluskan semua bahan dengan cara ditumbuk ataupun diblender, dan  dicampur dengan sedikit air. Oleskan ramuan tersebut kebagian tubuh kita yang sakit terkena rematik tersebut. 
  • Sebagai obat perut kembung. Caranya : Ambil beberapa daun singkong, kemudian campur dengan sedikit minyak kayu putih, dan borehkan pada perut yang kembung.
Memanfaatkan sayuran hijau yang banyak tersedia disekitar kita, adalah solusi cerdas untuk hidup sehat. Selain daun singkong, Anda juga bisa mendapatkan manfaat daun seledri untuk kesehatan sehari-hari. Semoga manfaat daun singkong diatas bermanfaat.