Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Caesar

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan caesar memang membutuhkan waktu, karena kondisi tubuh Anda belum seratus persen sehat. Operasi caesar membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk penyembuhan dari pada melahirkan secara normal, oleh sebab itu Anda harus sedikit bersabar untuk bisa mengembalikan tubuh menjadi langsing.

Untuk mempercepat proses penyembuhan dan membantu pemulihan jaringan-jaringan bekas operasi caesar tersebut Anda harus banyak istirahat. Biasanya wanita yang melakukan caesar tinggal di rumah sakit 2-3 hari baru kemudian diperbolehkan pulang. Saat di rumah inilah harus Anda manfaatkan untuk istirahat total agar proses penyembuhan dapat berjalan maksimal.

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Caesar

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Caesar


Seperti yang dikutip dari health detik.com, butuh waktu 1 sampai 3 bulan untuk pulih pasca caesar. Wanita harus memulainya dengan beberapa latihan dasar. Latihan-latihan ini bekerja pada perut dan juga memperkuat otot-otot tubuh. Latihan pasca caesar harus memperhitungkan fakta bahwa otot perut masih lembut, Anda tidak dapat melakukan latihan berat seperti ab crunche.

Lakukanlah hal-hal yang ringan dan Anda merasa mampu melakukannya. Namun jika Anda tidak yakin, maka sebaiknya tanyakan kepada bidan. Berikut ini beberapa latihan yang dapat Anda lakukan setelah melahirkan caesar. 

Jalan cepat
Jalan kaki merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Latihan ini aman dan dapat membantu pemanasan otot-otot. Wanita pasca operasi belum cukup kuat untuk berlari, sehingga jalan cepat dapat membantu menurunkan berat badan.

Aerobik ringan
Lakukan aerobik yang ringan saja karena tubuh Anda masih beradaptasi. Dengan alunan musik yang menghibur dapat membuat tubuh Anda berkeringat.

Latihan dasar panggul
Sampai Anda cukup kuat untuk melakukan sit-up lagi, sebaiknya lakukan latihan dasar panggul. Caranya, berbaring di lantai dan tarik perut dan pusar Anda kuat, tahan selama 30 detik dan lepaskan

Ingat, jika tubuh Anda masih belum mampu untuk melakuka beberapa hal diatas, sebaiknya jangan lakukan dan tunggu kondisi tubuh sembuh total. Semoga bermanfaat!