Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat rumput laut jika dicermati lebih jauh, mempunyai segudang manfaat bagi kita. Tinggal kita saja yang pandai-pandai memanfaatkannya. Jika Anda tau rumput laut sebenarnya adalah gulma laut, sejenis alga atau ganggang, yang hidup di laut, di antara karang mati di perairan pantai. Dan setelah melalui beberapa proses penelitian Rumput Laut ditemukan mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Bahkan banyak perusahaan yang memanfaatkan rumput laut sebagai bahan utama untuk pembuatan product kosmetik dan obat-obatan. Bahkan Rumput Laut banyak dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berbahaya.

Komposisi gizi rumput laut : Karbohidrat 39-51%, Protin 17,2 -27,13%, Lemak 0,08%, abu 1,5%, beberapa mineral K, Ca,P, Na,Fe, I. Nah yodium ini yang paling banyak dalam rumput laut. Disamping Vitamin  :  A, B1, B2, B6, B12, C (caroten). 

Menkonsumsi roti dengan selai rumput laut bisa menurunkan berat badan lebih singkat dibandingkan harus pergi ke tempat kebugaran, karena rumput laut jauh lebih cepat membakar lemak di dalam tubuh, dibanding aktivitas senam di tempat kebugaran.

Membunuh Bakteri Jerawat
Penelitian baru menemukan bahwa rumput laut bisa mengatasi masalah-masalah kulit. Rumput laut, efektif untuk mengatasi flek pada wajah. Penemuan obat kulit baru diluncurkan dalam jurnal Clinical and Experemintal Dermathology. Hampir 64% mampu mengurangi pertumbuhan jerawat.

Sebagai Masker Untuk Menghambat Keriput dan Penuaan dini.
Masker rumput laut akan membuat kulit wajah lebih sehat. Rumput laut bisa mendukung produksi sel-sel kulit baru dan bisa menghambat munculnya keriput dan penuaan dini.

Sebagai Scrub untuk Mengencangkan Kulit
Kandungan mineralnya membuat kulit lebih kencang dan kenyal. Gunakan scrub rumput laut untuk mengangkat lapisan kulit mati. 

Berendam dengan Rumput Laut untuk detoksifikasi
Caranya : Isi bak mandi dengan air hangat, masukkan rumput laut segar atau rumput laut kering. Berendamlah hingga tubuh terasa relaks. Usai mandi, kulit terasa lebih kencang, kenyal, dan halus.
Salah satu manfaat rumput laut adalah detoksifikasi tubuh. Air rendaman rumput laut mampu menarik toksin-toksin supaya keluar dari tubuh.

Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan


Untuk mengatasi kelelahan
Jika anda mengalami mudah lelah, tidak bersemangat atau sering lesu, makan rumput laut atau suplemen rumput laut mungkin dapat membantu mengatasi rasa lelah setelah seharian bekerja.

Melawan penyakit ganas
Kandungan Vitamin A dalam rumput laut bermanfaat untuk kesehatan mata, selain berguna untuk membantu tubuh melawan penyakit dari virus dan bakteri, kanker dan tulang.

Membantu kesehatan tulang
Kaandungan vitamin A selain memainkan peranan penting dalam pertumbuhan jaringan sel baru, juga membantu memastikan kesehatan tulang dengan mengganti jaringan yang rusak.

Membantu mencegah Penyakit Jantung
Kandungan Vitamin B2 membantu mengubah makanan di dalam tubuh menjadi energy, membantu produksi hormon dan membantu sel darah merah untuk tetap sehat. Sehingga membantu mencegah penyakit jantung dan memperkuat system kekebalan tubuh.

Membantu penyembuhan luka
Vitamin C dalam rumput laut mengandung antioksidan seperti vitamin A, juga menjaga kekuatan tulang dan gigi,gusi, kesehatan kulit dan juga membantu untuk penyembuhan luka,dan memperkuat pembuluh darah.

Rumput laut membantu pertumbuhan kekuatan tulang dan gigi,membantu menurunkan kolesterol.jika tingkat vitamin D rendah dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah dan resiko penyakit kardiovaskular,juga mempercepat osteoporosis. Rumput laut mengandung kalsium sekitar 5X lebih banyak dibandingkan susu. Bisa  membantu untuk menjaga kesehatan kuku,tulang,rambut, gigi dan metabolisme dalam tubuh.

Selain Rumput laut, masih banyak lagi manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari bahan-bahan alami seperti manfaat nanas dan buah-buahan lainnya. Semoga manfaat rumput laut diatas bisa bermanfaat.