3 Resep Kue Kering Spesial dan Istimewa

Resep Kue Kering berikut ini bisa Anda coba di dapur kesayangan untuk menyalurkan hobi memasak. Kalau membahas kue kering memang tidak ada habisnya, karena kue ini merupakan kua yang banyak digemari oleh semua usia. Resep dibawah ini merupakan sekumpulan resep kue kering terpopuler. Kue kering biasanya identik dengan kue kering nastar, kastengel, putri salju, semprit dan masih banyak lagi.

Namun kali ini sengaja dihadirkan  teristimewa untuk anda kue-kue kering yang masih terkesan original namun tersentuh oleh kemodernan. Jadi Kue Klasik yang sebenarnya sudah ada sejak dulu namun dimodifikasi sedemikian rupa dengan bahan-bahan modern sehingga tercipta Kue-kue kering yang lezat yang langsung menjadi kue favorit keluarga. Diantaranya Kue Kering Sukun Keripik Singkong, Kue Kdring Tiwul Cherry, dan Kue kering kacang bumbu spekuk. Yuk kita coba resep kue-kue kering ini yang dikutip dari okefood.

Merayakan moment istimewa ataupun acara rilex ngumpul bareng sama keluarga, saatnya anda bisa berkreasi membuat kue-kue nan lezat. Salah satunya, kue kering sukun keripik singkong. Yuk, intip cnyara pembuatannya!
 

Resep Kue Kering



Bahan-bahan:
  • 100 g margarin
  • 25 g mentega
  • 75 g gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm santan kental (siap pakai)
  • 150 g tepung sukun
  • 75 g tepung terigu protein sedang (misal, segitiga biru)
  • 25 g tepung maizena
  • 100 g keripik singkong, haluskan
  • 2 butir kuning telur, kocok lepas, untuk olesan
  • 100 g selai blueberry
  • 1 sdm wijen, untuk taburan


Cara membuatnya : 
  • Langkah awal kocok dulu margarin, mentega, dan gula halus selama 1 menit. Kemudian tambahkan kuning telur dan santan, kocok sampai rata.
  • Lalu masukkan campuran tepung sukun, tepunf terigu, dan tepung maizena sambil diayak, aduk rata. Tambahkan keripik singkong, aduk kemb`li.
  • Langkah selanjutnya giling tipis adonan, bentuk sesuai selera, susun di loyang yang dioles margarin, tusuk-tusuk permukaan kue, olesi dengan kuning telur.
  • Siapkan Oven, lalu panggang dalam oven selama 20 menit dengan suhu 160 derajat Celsius. Angkat, hias dengan selai blueberry dan taburi wijen, panggang kembali selama 15 menit dengan suhu 160 derajat Celsius. Angkat, dinginkan.
  • Simpan dalam stoples kedap udara.supaya awet renyahnya.
Nah ... kalau  kue kering yang satu ini akan lain lagi, mungkin anda jarang menjumpainya. Padahal ini termasuk makanan khas plus asli Indonesia. Karena jarang kita jumpai mungkin anak-anak jarang bahkan belum pernah memakannya. Kue kering Tiwul Cherry namanya. Penasaran untuk mencicipinya? yuk kita coba membuat kue kering yang resepnya dikutip dari okefood.
Resep Kue Kering

Resep Kue kering tiwul cherry, wihhh kayaknya musti kita coba membuatnya... soalnya elain enak tapi unik banget... Variasi kue kering dengan isi cherry dipadu dengan rasa tiwul akan membuat penikmatnya semakin ketagihan. yuk buruan siapkan bahan-bahan kuenya...

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:
  1. 100 g margarin
  2. 125 g mentega
  3. 175 g gula halus
  4. 3 butir kuning telur
  5. ¼ sdt garam
  6. ¼ sdt vanili bubuk
  7. 200 g tepung tiwul
  8. 150 g tepung terigu protein rendah (misal: kunci biru)
  9. 50 g ceri kering, potong dadu kecil
  10. 100 g selai kiwi
  11. 1 butir kuning telur, kocok lepas, untuk olesan.

Cara membuatnya:
  1. Langkah awal kocok margarin, mentega, dan gula halus selama 1 menit sampai lembut. Tambahkan kuning telur, garam, dan vanili, kocok sampai benar-benar merata.
  2. Kemudian Masukkan tepung tiwul dan tepung terigu yang sudah diayak, aduk dan pastikan hingga rata benar.
  3. Langkah terakhir tambahkan ceri kering, aduk kembali.
  4. Selanjutnya giling tipis, cetak menurut selera. Susun di loyang yang dioles margarin. Olesi dengan  kuning telur.
  5. Kemudian isi bagian tengah kue dengan selai kiwi. Panggang dalam oven selama 40 menit dengan suhu 150 derajat celcius. Angkat, dinginkan. Simpan dalam wadah kedap udara, supaya awet.
Kalau kedua resep diatas sudah anda coba, ada satu lagi resep yang juga tidak kalah uniknya, yaitu Resep Kue Kacang Bumbu Spekuk. Kini, untuk membuat kue tersebut cukup mengikuti panduan resep berikut ini yang dikutip dari okefood.


Resep Kue Kering

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:
  1. 180 gram margarin
  2. 75 gram gula pasir
  3. 1 buah kuning telur
  4. 250 gram tepung terigu
  5. 2 sdt bumbu spekuk
  6. 100 gram kacang tanah
Cara Membuatnya :
  1. Pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyangrai kacang tanah hingga kering, kupas kulitnya, pisahkan, dan haluskan. Ayak tepung terigu, sisihkan.
  2. Kemudian ocok margarin dan gula pasir hingga lembut. Tambahkan kuning telur, kocok hingga merata. 
  3. Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata. Tambahkan bumbu spekuk dan kacang tanah yang sudah dihaluskan, aduk sampai rata.
  4. Langkah berikutnya pipihkan adonan menggunakan penggiling kayu dengan tebal 8 mm. Cetak menggunakan cetakan kue kering.
  5. Kemudian letakkan di atas loyang yang sudah diolesi margarin dengan memberi jarak. Panggang di dalam oven bersuhu 170 derajat Celsius selama 25 menit. Keluarkan dan dinginkan. Simpan kue di dalam toples.
Menyajikan makanan asli Indonesia dengan sedikit kreativitas anda, akan semakin membuktikan kalau anda memang jago mengolah masakan sederhana menjadi luar biasa. Kenalkan makanan ringan yang sehat asli Indonesia kepada keluarga anda. Semoga resep kue kering diatas bisa membuat suasana keluarga anda menjadi lebih ceria karena kelezatan rasanya.