Cara Melancarkan Buang Air Besar Secara Aman

Pernahkah Anda mengalai susah BAB atau susah buang air besar? BAB tidak lancar setiap hari merupakan suatu pertanda bahwa ada yang salah dengan gaya hidup Anda. Kebanyakan orang yang mengalami susah BAB atau BAB tidak lancer adalah seseorang yang memiliki gaya hidup tidak teratur bisa dari pola makan atau kebiasaan sehari-hari.

Cara Melancarkan Buang Air Besar

Cara Melancarkan Buang Air Besar Secara Aman

Dengan mengkonsumsi obat-obatan pencahar mungin saja dapat membantu Anda memperlancar buang air besar, namun cara tersebut dapat memberikan efek melilit dan kurang bagus untuk kesehatan hati serta ginjal Anda. Anda dapat mencoba cara yang lebih aman dan tidak beresiko berikut ini seperti yang dikutip dari vemale.com.

Menyeimbangkan cairan dan serat
Dengan mengkombinasikan serat dan cairan dapat membuat sistem pencernaan Anda menjadi lancar. Untuk dapat menyeimbangkan kedua bahan tersebut Anda dapat minum air putih secara rutin setiap hari dan diimbangi dengan serat sayur dan buah. Anda dapat mengkonsumsi buah seperti adalah pisang, pepaya dan semangka karena beberapa buah tersebut merupakan buah yang kaya serat.

Mengurangi kopi dan teh
Mungkin dengan mengkonsumsi kopi dapat membuat pertu Anda menjadi melilit dan memaksa perut untuk mengeluarkan sisa pencernaan. Namun juga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Jika Anda merupakan salah satu peminum aktif dari kedua bahan tersebut, sebaiknya imbangi dengan mengkonsumsi serat.

Diet Karbohidrat Seringkali Menyebabkan Konstipasi
Orang yang melakukan diet dengan tidak memakan nasi seringkali mengalami pencernaan yang terhambat. Karena seorang dieter karbohidrat memang tidak makan karbo, namun menambah suplai protein dan tidak menambah serat. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya konstipasi.

Susu Yang Menyebabkan Susah BAB
Ternyata terdapat susu yang menyebabkan susah buang air besar, karena susu memang merupakan bahan yang kaya akan kalsium sehingga dapat memberatkan kinerja pencernaan di area ginjal. Jika Anda merupakan salah satu orang yang tidak bisa hidup tanpa susu, maka Anda dapat menggantinya dengan menggunakan susu kedelai atau mengonsumsi makanan yang diperkaya magnesium dan potasium.

Jangan begadang
Sudah banyak orang yang mengatakan bahwa jangan begadang kalau tiada artinya, karena dengan begadang dapat membuat detoksifikasi tubuh Anda terhambat. Sebenarnya pada waktu malam hari pada jam-jam tertentu tubuh kita melakukan regenerasi sel dan detoksifikasi pada bagian pernafasan, pencernaan dan beberapa bagian tubuh lainnya. Sehingga jika Anda begadang, maka tubuh kita tidak dapat mengeluarkan racun. Usahakan tidur Anda tepat waktu dan istirahat yang cukup, selain itu sebaiknya Anda berhenti makan 3-4 jam sebelum Anda tidur.

Dengan melakukan beberapa langkah diatas, dapat membuat BAB Anda semakin lancar dan pastinya perut tetap langsing dan segat. Selamat mencoba cara melancarkan buang air besar diatas!