Manfaat Teh Untuk Kesehatan Dan 6 Jenis teh Paling Berkhasiat

Manfaat teh memang sudah tidak diragukan lagi, teh sangat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Hampir setiap orang didunia mengkonsumsi teh setiap hari. Bahkan ada pula yang tidak cukup jika hanya secangkir teh yang dikonsumsi setiap hari.

Jadi minimal 2 cangkir teh sehari. Tradisi minum teh setiap pagi dan sore seharusnya kita lestarikan, atau bahkan kita wariskan kepada anak-anak kita. Karena manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan kita.

Manfaat Teh

manfaat teh


Teh mengandung substansi fenol dan non-fenol (karbohidrat, asam amino, vitamin, flour, dan kalsium),serta mengandung cathecin yang menyertai teh juga bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan berbahaya bagi kesehatan tubuh, ada pula jenis teh, di antaranya bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, gusi, stres, membakar lemak, dan menurunkan berat badan.

Berikut ini beberapa manfaat teh dan 6 jenis teh paling berkhasiat di masyarakat yang paling banyak dikonsumsi karena manfaatnya begitu banyak bagi kesehatan.

Teh hijau
Perbanyak konsumsi teh hijau. Kaum hawa banyak mengkonsumsi teh hijau ini, soalnya bisa menurunkan berat badan (lemak perut terutama). Karena teh hijau dibuat dari daun teh yang tidak difermentasi sehingga mengandung polyphenols konsentrat yang sangat tinggi. Teh hijau sanagt bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, menurunkan kolesterol, . Teh hijau juga memberi manfaat dalam menurunkan risiko diabetes dan Alzheimer’s.

Teh hitam
Teh hitam efektif menurunkan kortisol, hormon stres. Caranya dengan mengonsumsi teh hitam 4 kali setiap hari selama 6 minggu. Teh hitam juga mampu mengurangi risiko kanker.

Teh putih
Teh putih, khususnya ekstrak teh putih bermanfaat unutk memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi Staphylococcus, infeksi Streptococcus, pneumonia, dan karies gigi, serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Tak heran jika beberapa merk pasta gigi menambahkan ekstrak teh putih, karena efek antivirus dan antibakteri.

Teh oolong
Bermanfaat untuk membantu mendorong metabolisme tubuh, membakar lemak, membantu menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan kulit. Bagi wanita hamil akan lebih baik jika minum teh oolong 2 cangkir sehari dapat meningkatkan metabolisme tubuhnya.

Teh herbal
Teh herbal bermanfaat untuk menurunkan stres, yang menjadi faktor risiko gagal jantung dan penuaan dini, mengurangi stres, membantu pencernaan, dan punya banyak kandungan antioksidan. Kita tahu bahwa antioksidan mampu mengusir radikal bebas sehingga tubuh jauh dari penyakit termasuk kanker.

Teh Madu
Manfaat dari campuran teh hijau dan madu sangat efektif menurunkan bakteri penyebab penyakit (patogen) dalam daging yang kita konsumsi. Caranya meminum teh setiap hari, terlebih bagi  yang suka makan daging dan sayuran mentah untuk selalu menyertakan paduan teh dan madt saat mengolah makanan yang akan disantap mentah. Biasakan untuk menggunakan teh dan madu saat mencuci daging mentah untuk membuang komponen asing yang berbahaya bagi kesehatan.

Begitu banyak manfaat teh, tinggal kita saja yang harus mengenalkan dan membiasakan pada buah hati kita untuk sering meminum teh minimal 1 cangkir sehari sebagai selingan mnuman yang lain. Daripada minum softdrink yang kurang begitu bagus untuk kesehatan tubuh, mendingan kita  biasakan untuk mengganti kan.softdrink yang sering anak-anak konsumsi dengan teh yang sangat menyehatkan. Semoga manfaat teh diatas bisa bermanfaat.