Manfaat Teh Oolong Untuk Kesehatan

Manfaat teh Oolong sangat besar untuk kesehatan dan memiliki khasiat yang lebih baik dari pada jenis-jenis teh lainnya. Mengapa disebut dengan teh oolong? Oolong dalam bahasa china berarti naga hitam atau ular hitam. Nama tersebut tentu saja tidak terlepas dari legenda china yang sudah sangat populer dan beredar luas di china.

Teh Oolong merupakan teh yang berasal dari satu spesies tumbuhan teh Camellia Sinensis. Kemudian apa yang membedakan teh Oolong dengan jenis teh-teh lainnya? Perbedaan teh Oolong dengan teh lainnnya berada pada saat proses pembuatan dan pengeringannya.

Manfaat Teh Oolong

Manfaat Teh Oolong

Pada umumnya, teh hijau diperoleh dengan cara pemanasan, untuk menghadang reaksi enzimatik alami (oksidasi) daun. Setelah dikeringkan, daun-daun teh hijau kemudian digulung agar dapat memecah struktur sel di dalamnya. Namun berbeda dengan teh Oolong, setelah teh ini dipetik, kemudian ditempatkan dalam kondisi tertentu dengan kelembapan dan temperatur untuk memungkinkan oksidasi. Namun, proses oksidasi ini hanya dilakukan setengah jalan saja, jika oksidasi dilakukan secara sempurna maka  akan membentuk teh hitam.

Memang daun teh Oolong dibuat untuk tidak dipecah, sehingga sebagian struktur sel daun masih relatif menyatu. Perbedaan proses inilah yang membuat beberapa jenis teh memiliki manfaat dan khasiat yang berbeda-beda meskipun berasal dari tanaman yang sama.

Kandungan Teh Oolong
Teh Oolong mengandung senyawa polifenol, theanin, kandungan mineral, serta kandungan alkaloid dalam teh ini berperan penting bagi kesehatan tubuh. Kandungan polifenol dalam teh ini juga berkhasiat menyingkirkan radikal bebas, karena polifenol ini memiliki daya antioksidan 100 kali lebih besar dari vitamin C.  Selain itu, kandungan Theaflavin dalam teh ini juga dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 

Manfaat teh Oolong untuk kesehatan
  • Sebagai Antioksidan untuk menangkal radikal bebas
  • Dapat membantu menurunkan berat badan
  • Membantu mempercepat metabolisme dalam tubuh
  • Dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat
  • Membantu menurunkan risiko penyakit kanker
  • Membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Membantu mencegah terjadinya serangan stroke
  • Dapat membatnu meningkatkan stamina
  • Dengan mengkonsumsi teh Oolong secara rutin dapat menekan dermatitis atau eksim (radang kulit hingga kemerahan) yang membandel
Cara meminum dan mendapatkan manfaat terbaik teh Oolong
Teh Oolong memang memiliki aroma lebih tajamdan rasa yang lebih pahit dari pada teh hijau dan teh hitam. Namun bagi para pecinta teh, rasa tersebut merupakan rasa khas yang membuat minuman teh semakin nikmat. Berikut ini beberapa cara terbaik untuk mendapatkan manfaat teh Oolong secara maksimal:
  • Minumlah satu cangkir 30 menit atau 1 jam sebelum beraktivitas, jalan, atau berolahraga.
  • Minum pada siang atau sore hari untuk membantu menyingkirkan stress dan kepenatan di tengah kesibukan kerja.
Jadi tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda mengkonsumsi teh Oolong secangkir atau lebih dalam sehari untuk mendapatkan manfaat teh yang maksimal untuk kesehatan tubuh Anda. Selain teh Oolong, Anda juga bisa mencoba manfaat teh hijau sebagai minuman alternatif lain dalam menjaga kesehatan. Sudahkah sobat Lifestyle News mendapatkan manfaat teh Oolong hari ini?