Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat singkong untuk kesehatan ternyata sangat beraneka ragam. Singkong merupakan makanan yang sudah akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Mungkin hampir semua masyarakat Indoensia pernah mencoba aneka makanan yang terbuat dari singkong. Bahkan ada beberapa daerah tertentu di Indonesia yang menggunakan singkon sebagai bahan makanan pokok.

Singkong memang memiliki jumlah kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan kentang, sehingga tidak heran jika dijadikan makanan pokok bagi sebagian masyarakat. Dalam 100 gram singkong, mengandung 160 kalori, sebagian besar terdiri dari sukrosa. Alasan kondisi alam juga menjadi alasan mereka lebih memilih singkong. Karena hanya tanaman singkong saja yang dapat tumbuh pada area gersang dan tandus.

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan


Meskipun lebih banyak dikonsumsi oleh golongan menengah kebawah, singkong ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Seperti yang dikutip dari vemale.com, berikut ini Lifestyle News akan mengulas fakta dan beberapa manfaat singkong untuk kesehatan.
  • Berperan dalam proses membangun masa tulang, karena singkong banyak mengandung vitamin K sehingga dengan mengkonsumsi singkong dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.
  • Singkong merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat. Riboflavin berperan dalam pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.
  • Merupakan sumber mineral penting dalam tubuh yaitu magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, singkong juga mengandung kalium yang cukup sebagai komponen penting dalam pembentukan sel tubuh dan mengatur tekanan darah.
  • Singkong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
Untuk mendapatkan manfaat singkong secara maksimal, Anda dapat mengolah singkong dengan cara direbus atau dikukus. Ternyata makanan kampung yang satu ini tidak kalah sehat dan bergizi dengan makanan jenis lainnya. Sudahkah Anda mendapatkan manfaat singkong untuk kesehatan hari ini?