Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah harus tepat agar tidak menimbulkan efek yang menyiksa. Biasanya bibir pecah akan terasa sakit saat minum atau makan. Belum lagi kebiasaan buruk dengan menjilati bibir dapat membuat bibir menjadi lebih parah.

Penggunaan scrubs khusus dalam proses pengelupasan atau exfoliating pada kulit bibir memang dapat membuat bibir tetap halus, namun proses ini ternyata dapat mengurangi kelembapan pada bibir dan membuatnya menjadi kering.

Cara Mengatasi Bibir Pecah


Jika Anda mengalami masalah tersebut, bisa mencoba cara berikut ini yang dikutip dari wolipop dan okezone untuk Anda coba dirumah.
  • Gunakan timun. Buah ini dapat memberikan kelembapan pada bibir karena mengandung banyak air, selain itu kandungan yang terdapat pada timun juga dapat membuat bibir menjadi halus. Caranya, potong timun kemudian taruh pada bibir dengan sedikit ditekan agar sari-sari timun keluar.
  • Scrub Bibir menggunana bahan alami. Buatlah dari bahan gula dan sedikit air, campurkan dan gosok pada bagian bibir hingga terasa halus. Cara tersebut dapat mengangkat sel kulit yang mati pada bagian bibir pecah sehingga dapat terangkat.
  • Hindari penggunaan kosmetik bibir yang menggunakan bahan dasar yang dapat membuat bibir menjadi kering dan iritasi. Seperti cinnamates yang merupakan bahan pengharum pada lipstik. Mulailah menggunakan lipgloss tanpa aroma yang dapat membuat bibir terlihat berkilau tanpa membuatnya kering.
  • Hindari menjilati bibir karena dapat merusak pelindung pada bibir. 
  • Hindari makanan asin. Makanan yang asin dapat menyerap cairan pada tubuh sehingga membuat bibir Anda menjadi kering.
Saat Anda mengalami masalah tersebut, sebaiknya hindari minuman asam seperti orange juice. Karena minuman jenis ini dapat membuat bibir menjadi iritasi dan terasa seperti terbakar saat bibir Anda pecah-pecah. Sebaiknya gunakan air putih sebagai pilihan minuman sehari-hari. Semoga beberapa cara mengatasi bibir kering diatas bisa bermanfaat!