Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Bahan Alami

Cara mengatasi rambut bercabang berikut ini merupakan solusi tepat karena menggunakan bahan alami yang relatif aman untuk kesehatan Anda. Bahan alami memiliki khasiat yang sangat baik untuk rambut, selain itu untuk mendapatkannya juga tidaklah terlalu sulit.

Rambut bercabang terjadi karena kutikula pelindung di ujung helai rambut rusak. Penyebab rambut bercabang diantaranya adalah kurangnya perawatan rambut, sering terkena sinar matahari secara berlebihan atau terkena bahan kimia.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang


Berikut ini cara-cara pencegahan rambut bercabang yang bisa Anda lakukan.
  • Hindari cuaca ekstrim seperti panas yang terik, cuaca dingin atau angin kencang. Namun jika aktivitas Anda mengharuskan keluar ruangan menghadapi cuaca tersebut, sebaiknya gunakan topi atau scarf yang dapat melindungi rambut Anda dari gangguan cuaca tersebut.
  • Kurangi frekuensi penggunaan alat elektronik untuk rambut Anda seperti hair dryer, catokan atau pengeriting. Karena alat ini dapat merusak kutikula alami rambut sehingga rambut menjadi kasar dan kering untuk jangka waktu yang panjang.
  • Ternyata memotong rambut tiga sampai empat bulan sekali dapat mencegah rambut bercabang. Dengan memotong setiap beberapa bulan sekali dapat menyingkirkan rambut bercabang dan rambut dapat tumbuh sehat.
  • Menyisir rambut saat basah merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Ini merupakan penyebab umum yang paling sering terjadi. Karena saat basah rambut sangat rentan, ketika Anda menyisirnya saat basah, maka kutikula rambut dapat rusak. 
Jika rambut Anda terlanjur bercabang, Anda dapat mengatasinya dengan bahan alami berikut ini seperti yang dikutip dari okezone.com. Langsung saja simak cara mengatasi rambut bercabang menggunakan bahan alami berikut ini.

  • Alpukat. Tumbuk halus buah ini kemudian oleskan pada rambut. Lalu diamkan kurang lebih 15-20 menit kemudian bilas sampai bersih. Kandungan alami alpukat dapat mencegah rambut bercabang dan membuat rambut bersinar.
  • Selain buahnya, ternyata minyak alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut bercabang. Oleskan minyak alpukat pada rambut sambil dipijit-pijit selama 30 menit kemudian bilas bersih. Anda dapat melakukannya dua kali dalam sepekan.
  • Madu. Caranya campurkan 1 sendok teh madu, 5 sendok teh minyak zaitun dan 1 kuning telur kemudian oleskan pada rambut. Setelah itu tutup rambut Anda menggunakan handuk panas. Anda akan segera melihat perbedaannya beberapa saat kemudian.
Cara diatas sangat efektif bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke salon. Karena perawatan tersebut dapat dilakukan dirumah. Selain itu, Anda juga bisa membuat rambut keriting terlihat lebih menarik dengan cara merrawat rambut keriting. Semoga cara mengatasi rambut bercabang diatas bisa bermanfaat.