Manfaat Mentimun Supaya cantik dan sehat

Manfaat Mentimun atau Cucumis Sativus banyak orang yang sudah mengetahuinya. Namun ada baiknya jika kita dapatkan tambahan info yang lebih tentang manfaat mentimun.  Buah Mentimun sering kita jadikan sebagai kudapan. Bisa dibuat jus, acar, sebagai lalapan, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk mengatasi jerawat pada wajah. BAnyak juga produk kosmetik yang menggunakan bahan utama mentimun.

Mentimun bisa dikategorikan sebagai buah juga sayuran. Yang perlu dicermati Mentimun mempunyai banyak kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Mengkonsumsi mentimun secara teratur, tubuh kita akan mendapatkan manfaat yang lebih dari buah mentimun ini, seperti dibawah ini yang dikutip dari wolipop dan okezone.

Manfaat Mentimun



Kandungan Buah mentimun per 100 gr, antara lain :
  • Kalori 12 kal 
  • Protein 0,7 gr 
  • Lemak 0,1 gr
  • Karbohidrat 2,7 gr
  • Kalsium 10 mg
  • Fosfor 21 mg
  • Besi 0,3 mg
  • Vitamin C19 mg
Manfaat Buah Mentimun :

Mengurangi lingkar hitam di bawah mata
Kandungan antioksidan dan silika dalam buah mentimun akan membuat bagian mata menjadi lembut dan mulus, sehingga bisa mengurangi lingkar hitam di bawah mata. Caranya : Letakkan potongan timun pada mata dan diamkan selama 10-15 menit.

Menghilangkan bengkak pada mata
Kandungan asam askorbik dalam mentimun dapat menurunkan kadar air dan bengkak pada mata. Letakkan mentimun di kedua mata, lalu pejamkan mata Anda selama 15 menit. Cara ini akan mngurangi bahkan menghilangkan bengkak pada mata yang disebabkan karena kurang tidur, kebanyakan tidur, menangis atau kelelahan.

Mengurangi noda hitam pada wajah
Caranya : letakkan potongan timun pada wajah atau bisa juga memblender mentimun dan di letakkan jus pada wajah. Buktikan hasilnya, wajah akan lebih berkilau, lembut dan mulus. Lakukan secara rutin, untuk hasil yang maksimal.

Merawat Kulit yang terbakar sinar matahari
Caranya : Letakkan mentimun di area kulit yang terbakar. Mentimun memiliki efek dingin dan dengan cara lembut menenangkan kulit, serta mempercepat proses penyembuhan.

Mengecilkan pori-pori
Caranya : Dengan membuat toner dari mentimun. Campur mentimun dengan cuka apel, putih telur dan tomat, lalu dihaluskan dan diterapkan pada wajah. Dan toner ini akan membuat pori-pori kulit lebih mengecil. Diamkan masker tersebut selama 10 menit, lalu bilas wajah sampai bersih.
Mampu menurunkan berat badan
Mentimun mengandung energi yang rendah. Per 100 gr metimun itu hanya 12 kalori, sehingga akan sangat cocok bagi wanita yang mau menurunkan berat badan.

Mengatasi tekanan darah tinggi
Mentimun mengandung potassium dan kalium yang tinggi sehingga bisa mengatasi tekanan darah tinggi. 

Mampu Mempermudah penyerapan makanan bervetsin.
KAndungan kalium yang tinggi pada mentimun, akan menarik makanan yang banyak mengandung garam dapur dan vetsin. 

Mampu melancarkan air kecil.
Kandungan kadar air yang banyak dan tinggi mampu melancarkan buang air kecil. Mentimun juga bisa berfungsi sebagai detoksifikasi, sehingga mampu membuang racun di dalam kandung kemih. 

Buah Mentimun sifatnya dingin sehingga bisa dipakai untuk mengobati gigitan serangga, gatal-gatal karena tumbuhan, dan meredamkan kulit yang terbakar matahari. Bagian tubuh yang tersiram air panas pun, jika dibalut dengan parutan daging mentimun, akan dengan cepat terobati. Bisa mengobati panas dalam, sariawan. Antioksidannya sangat tinggi untuk mengurangi sakit seperti demam dan tifus.

Begitu banyak Manfaat mentimun yang bisa kita dapatkan, asalkan kita tau cara memanfaatkannya. Semoga Manfaat mentimun diatas bisa bermanfaat bagi anda.