Cara Mengatasi Kulit Iritasi Setelah Facial

Cara mengatasi kulit iritasi setelah facial dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah demi langkah secara hati-hati karena kulit yang iritasi memang harus mendapatkan perlakuan khusus sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Sebagian orang mungkin pernah merasakan iritasi setelah melakukan facial di suatu tempat atau pusat kecantikan. Tentu saja rasa yang ditimbulkan sangat tidak nyaman seperti panas, kemerahan dan ingin selalu menggaruknya. Mungkin dengan menggaruknya Anda dapat mendapatkan rasa nyaman sesaat, namun efeknya sungguh sangat fatal. Pasti Anda akan menyesal jika menggaruknya karena dengan menggaruk kulit yang iritasi justru membuat kulit makin meradang dan lebih parah kondisinya, bahkan akan mengeluarkan air dari kulit.

Cara Mengatasi Kulit Iritasi Setelah Facial

Cara Mengatasi Kulit Iritasi Setelah Facial

Kulit yang iritasi memang membutuhkan perhatian dan perlakuan yang lebih dari Anda. Kulit tersebut tidak bisa diperlakukan sembarangan seperti kulit normal pada umumnya. Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada kulit yang iritasi seperti yang dikutip dari vemale.com.
  • Membersihkan wajah dengan menggunakan produk beralkohol
  • Mengusap dengan kasar kulit sehingga kulit mengelupas
  • Memakai makeup langsung, disarankan 3x24 jam baru boleh memakai makeup lagi
  • Memakai scrub wajah
  • Beraktivitas di bawah sinar matahari secara langsung
Namun jika kulit Anda sudah terlanjur mengalami iritasi, maka Anda dapat melakukan hal-hal dibawah ini seperti yang disarankan oleh para ahli.

Langkah pertama, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti masker mentimun untuk mengompres dan mendinginkan kulit wajah. Dengan menggunakan irisan timun atau parutan timun dapat memberikan rasa nyaman serta membantu memulihkan kulit iritasi menjadi lebih cepat.

Langkah kedua, Anda dapat memilih pembersih wajah yang mengandung susu atau pembersih wajah yang memang diformulakan khusus untuk jenis kulit sensitif. Anda dapat mengaplikasikannya secara lembut dan perlahan dengan gerakan melingkar. Selain itu juga hindari memakai deep cleansing atau sabun muka dengan scrub.

Langkah ketiga, untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah mati dan membantu melembabkan kulit, Anda dapat menggunakan toner.

Langkah keempat, untuk mengurangi peradangan dan kemerahan Anda dapat mengompres kulit iritasi dengan  menggunakan es batu. 

Terakhir, untuk mencegah paparan sinar UV A dan UV B sebaiknya gunakan sun blok ketika Anda berada di luar ruangan. 

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, pada umumnya kulit iritasi akan membaik dalam waktu kurnag lebih tiga hari. Namun jika kondisinya semakin parah dan kemerahan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ahli agar segera mendapatkan perawatan yang intensif. Semoga cara mengatasi kulit iritasi setelah facial diatas dapat membantu sobat Lifestyle News yang memiliki jenis kulit sensitif. Selamat mencoba!