Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat bawang merah ternyata tidak hanya dapat kita gunakan sebagai bumbu masakan saja, bawang merah dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Tentu saja di dapur banyak tersedia bawang merah sebagai perlengkapan memasak, namun tahukan Anda hanya dengan menggunakan bawang merah Anda bisa mendapatkan khasiat yang sangat baik untuk tubuh.

Di dalam Bawang merah terdapat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri pada tubuh. Selain itu, bawang merah juga dapat menyembuhkan infeksi karena memiliki kandungan anti-jamur dan anti-bakteri. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat bawang merah untuk kesehatan seperti yang dikutip dari health.detik.com

Manfaat Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah


Untuk mengobati batuk
Dengan menggunakan bawang merah yang di jus dengan ekstrak jahe dan tulsi, Anda dapat mengobati batuk seperti batuk kering dan alergi. Anda dapat minum kombinasi jus tersebut tersebut setiap pagi.

Untuk membantu melawan kanker
Dalam bawang merah terdapat zat antioksidan yang dapat membantu melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Untuk bisa mendapatkan khasiat tersebut, Anda dapat meminum jus bawang merah mentah yang merupakan solusi terbaik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Untuk mencegah TBC
Pencegahan penyakit TBC dapat dilakukan dengan meminum jus bawang merah. Jus ini merupakan obat tertua untuk membunuh kuman tuberculosis.

Untuk membantu menurunkan demam
Anda dapat mengoleskan jus bawang merah pada dahi untuk membantu menurunkan demam yang tinggi. Karena bawang merah dapat menyerap panas dan dapat membantu menurunkan demam.

Untuk mengobati penyakit nyeri sendi
Apakah Anda sering merasakan sakit nyeri pada persendian? Maka Anda dapat mengobatinya dengan cara memanaskan jus bawang dengan biji wijen, setelah itu tunggu hingga tidak terlalu panas untuk kemudian dioleskan pada area sendi yang sakit. Bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit radang sendi.

Untuk mengobati sakit kuning
Untuk mengobati penyakit kuning, Anda dapat merendam empat siung bawang merah dengan rendaman air lemon selama satu malam. Kemudian pasa keesokan harinya buatlah jus bawang merah ini dengan menambahkan sedikit garam dan lada. Ini merupakan pengobatan rumah yang sangat baik untuk lansia yang terkena penyakit kuning.

Untuk menyembuhkan luka bakar
Bawang merah juga sangat bagus untuk menyembuhkan luka bakar dengan cara membuat jus dan dioleskan pada area kulit yang terbakar. Bawang merah dapat mendinginkan luka bakar, mencegah lecet serta dapat menghindarkan kulit yang terbakar tersebut agar tidak bernanah dan terinfeksi.

Dapat membantu mengatasi batu ginjal
Dengan meminum jus bawang merah yang dicampur dengan gula dan dihangatkan dapat membantu melarutkan dan mengurangi ukuran batu ginjal.

Dapat menghentikan mimisan
Bawang merah bersifat diuretik sehingga dapat menghentikan pendarahan akibat mimisan. Caranya hanya dengan menuangkan 3 sampai 4 tetes jus bawang kedalam hidung Anda.

Dapat mengobati infeksi kulit
Infeksi kulit seperti eksim dapat diatasi menggunakan jus bawang merah, karena sifat anti-jamur yang terdapat pada bawang merah tersebut dapat menyembukan infeksi kulit dengan sangat cepat.

Dapat mengatasi nyeri saat haid
Untuk mengatasi nyeri saat haid, Anda dapat membuat jus bawang yang dicampur dengan gula merah. Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengobati nyeri pada saat datang tamu bulanan.

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba pengobatan menggunakan bahan-bahan alami karena lebih aman dan tidak beresiko terkena efek samping berbahaya. Semoga sedikit ulasan tentang manfaat bawang merah diatas dapat bermanfaat untuk sobat Lifestyle News.