Manfaat Daun Salam Yang Jarang Diketahui

Manfaat daun salam seringkali oleh para ibu rumah tangga dijadikan andalan sebagai bumbu masakan. Sehingga tidak heran jika daun salam mempunyai sebutan bay leaf-nya Indonesia. Bentuk daunnya sangat khas, dengan bau mirip jambu karena memang tergolong  keluarga jambu-jambuan.

Jika Anda berada di Australia, dan kebetulan ingin membeli bay leaf maka jangan kaget jika Anda mendapati bay leaf yang berbeda dengan bay leafnya Indonesia yaitu daun salam. Karena tidak semua bay leaf adalah daun salam seperti yang orang Indonesia maksudkan. Selengkapnya Anda bisa menyimak manfaat daun salam dibawah ini yang dikutip dari okezone.

Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam


Perlu Anda ketahui kalau Daun Salam mengandung beberapa unsur yang penting dan bisa dijadikan sebagai obat selain dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan Anda :
  • Minyak atsiri (sitral, eugenol), 
  • tanin dan flavonoid dengan kromatogramafi lapis tipis. 
  • Kandungan minyak atsiri pada daun salam berasal dari seskuiterpen lakton yang mengandung fenol.
Berikut ini adalah manfaat daun salam Sebagai Obat Alami untuk mengatasi berbagai penyakit yang bisa Anda coba dirumah:

  • Untuk diare. Caranya : ambil 15 lembar daun salam segar, lalu rebus bersama dua gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, tambahkan sedikit garam, kemudian diminum.
  • Mengatasi Asam Urat. Caranya : Ambil sebanyak 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian  airnya diminum selagi hangat. 
  • Mengatasi Stroke. Caranya : Ambil 10 lembar daun  salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera, lalu dimakan.
  • Bagi penderita kolesterol tinggi. Caranya : Ambil 7 lembar daun salam  dan 30 gram  daun dewa segar direbus  dalam 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu, ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.
  • Untuk menrunkan kadar gula dan asam lambun. Ekstrak air daun salam memiliki efek hipoglikemik atau menurunkan kadar gula dan asam lambung penyebab maag. Karena daun salam juga dapat menetralkan makanan yang mengandung zat asam yang dapat memancing peningkatan asam lambung.
  • Untuk Menghilangkan bau daging kambing. Daun salam punya satu kekuatan ketimbang jenis daun lainnya, seperti daun jeruk. Aroma wanginya daun salam bisa mengalahkan bau amis kambing. Anda cukup meletakannya pada daging kambing masih mentah, tanpa perlu dihaluskan. Daun salamnya tidak usah diapa-apain lagi,tidak usah disobek untuk mengeluarkan aromanya.

Anda juga bisa memanfaatkan daun salam untuk memberikan penyedap rasa yang khas dan lezat pada sayur lodeh, garang asem, dan opor yang Anda masak sehari-hari untuk keluarga tercinta. Cukup dengan menambahkan daun salam saja tidak perlu penyedap rasa yang kurang bagus untuk kesehatan kita. Manfaat tomat juga tidak kalah bagus dengan daun salam, semoga manfaat daun salam diatas bisa bermanfaat.