Cara Memakai Eyeliner Berdasarkan Jenis Dan Kegunaannya

Cara memakai eyeliner berikut ini bisa Anda coba dirumah untuk mempercantik penampilan mata Anda. Dengan memakai eyeliner, akan membuat mata Anda tampak lebih tajam dan tegas. Selain itu, dapat membuat mata Anda nampak seimbang jika mata terlalu sipit atau terlalu lebar sehingga nampak lebih cantik. Jadi eyeliner merupakan salah satu make up yang memiliki peranan penting untuk mempercantik penampilan.

Seperti yang dikutip dari wolipop.detik.com, ada beberapa jenis eyeliner yang banyak beredar di pasaran dan biasa kita temui. Berbagai macam jenis eyeliner tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda dalam memberikan efek riasan pada mata, begitu juga dalam pemakaiannya.

Cara Memakai Eyeliner

Cara Memakai Eyeliner

Karena setiap orang memiliki bentuk mata, jenis kulit serta kebutuhan yang berbeda-beda, maka dalam memakai efek riasan mata juga dapat disesuaikan dengan jenis eyeliner yang ada. Langsung saja berikut ini cara memakai eyeliner untuk Anda coba dirumah.
Pencil Eyeliner. Bentuk pensil merupakan jenis eyeliner yang paling mudah digunakan sehingga lebih populer dari jenis eyeliner lainnya. Namun kekurangan dari eyeliner jenis ini adalah tidak tahan lama, perlu pengaplikasian ulang agar mata terlihat tetap menarik. Cara pemakaiannya:
  • Ulaskan eyeshadow terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan eyeliner agar tampilan garis mata Anda terlihat lebih tegas.
  • Apabila ingin terlihat lebih natural, Anda dapat aplikasikan eyeliner sebelum membubuhkan eyeshadow.
  • Untuk membuat eyeliner tahan lama, Anda dapat mengoleskan eye orimer atau bedak mineral pada kelopak mata sebelum mengulaskan eyeliner.
  • Tarik kelopak mata mengarah ke atas agar memudahkan Anda saat akan membentuk garis mata.
  • Ciptakan garis sedekat mungkin dengan garis bulu mata, agar tampak lebih natural dan mata pun terlihat lebih tegas.
Liquid Eyeliner. Berbentuk cair dan biasanya disimpan dalam botol kecil dengan dilengkapi sikat tipis dan runcing untuk memudahkan aplikasi. Memiliki warna yang lebih pekat dan lebih tahan lama dari pada eyeliner pensil. Jika sudah kering, tidak akan mudah luntur kecuali saat terkena air. Cara pemakaiannya:
  • Sebaiknya pastikan produk ini tidak terlalu banyak menggumpal pada kuasnya sebelum mengaplikasikannya pada mata Anda.
  • Saat membentuk garis, pastikan tangan Anda tidak bergetar dan bergoyang.
  • Untuk memudahkan Anda dalam membentuk garis yang rapi, buatlah tanda titik di sepanjang garis mata Anda.
  • Kemudian buatlah garis dalam sekali gerakan lurus.
Liquid Pencil Eyeliner Dan Gel. Untuk liquid pencil eyeliner sebenarnya hampir mirip dengan eyeliner cair, namun memiliki kemasan yang menyatu seperti bentuk pensil. Kuas yang digunakan lebih tebal dari eyeliner cair untuk menghasilkan tampilan mata tampak lebih dramatis. Sedangkan jenis gel biasanya dikemas dalam sebuah pot, hampir sama dengan eyelienr cair namun lebih kental. Cara pemakaiannya:
  • Untuk bentuk liquid pencil, cara mengaplikasikannya hampir sama dengan eyeliner cair hanya saja kemasannya lebih praktis.
  • Sedangkan eyeliner bentuk gel, Anda dapat mengambil eyeliner gel menggunakan kuas eyeliner, sedikit saja, biasanya bentuk kuas runcing dan tipis. Setelah itu aplikasikan pada mata Anda. Pemakaiannya hampir sama dengan eyeliner cair.
Cake. Eyeliner ini merupakan jenis eyeliner yang banyak digunakan oleh make up artis atau orang yang sudah profesional. Untuk menggunakannya membutuhkan keahlian khusus. Biasanya digunakan untuk keperluan panggung agar terlihat lebih artsy. Cara pemakaiannya:
  • Basahi kuas menggunakan sedikit air, kemudian ambil sedikit eyeliner. 
  • Setelah itu aplikasikan pada garis mata seperti cara biasanya.
Dengan mengetahui beberapa jenis eyeliner, Anda dapat memiliih jenis eyeliner berdasarkan kebutuhan sehingga dapat menunjang penampilan agar terlihat lebih cantik dan menarik. Semoga cara memakai eyeliner diatas dapat membantu Anda.