Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Kita

Manfaat kacang hijau sangat baik untuk kesehatan, karena memang kacang hijau sangatlah kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Makanan ini sangat disukai oleh semua kalangan dan dari segala umur. Bahkan kacang hijau sangat bagus diberikan pada bayi yang sudah berumur 6 bulan ke atas.

Kacang hijau dalam bahasa latin di sebut phaseolus radiatus linn. Kacang Hijau mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Bahkan saking tingginya protein nabatinya, kacang hijau dimanfaatkan untuk diolah menjadi tepung yang disebut hunkwe, dan biasa di gunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue, es krim tradisional, dan mie soun.


Manfaat Kacang Hijau


Kacang hijau yang dikecambahkan dan sering disebut tauge mengandung enzim aktif, salah satunya adalah enzim amilase yang membantu metabolisme karbohidrat.

Kacang Hijau termasuk jenis kacang yang terbilang sangat istimewa, Soalnya mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh sayuran atau jenis bahan makanan lainnya. Kalau bahan makanan yang lain seperti sayur, buah, dan ramuan tradisional lainnya yang apabila di rebus terlalu lama akan menurunkan khasiat obatnya. Namun Kacang Hijau meskipun direbus sampai lama ( sampai hancur ) khasiat kacang hijau tidak berkurang dan tidak terpengaruh panas. 

Kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gr kacang hijau :
  • 345 kalori, 
  • 22,2 gr protein, 
  • 1,2 gr lemak, 
  • vitamin A, 
  • vitamin B1, 
  • fosfor,
  • zat besi,
  • mangan.
Kacang hijau dapat juga digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti beri -beri, radang ginjal, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol dan pestisida, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dan menurunkan demam.

Manfaat kacang hijau untuk mengobati beberapa penyakit :

  • Untuk disentri / sakit perut. Caranya : Buatlah bubur kacang hijau. Lalu sajikan dengan 2 butir telur ayam yang di pindang dan air hangat sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Semoga disentri yang diderita cepat sembuh. 
  • Peluru kencing. Caranya : Ambil 30 gr kacang hijau dan 30 gr daun sendok di rebus dengan air 400cc. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan periuk tanah untuk merebus, sesudah dingin tambahkan madu secukupnya. Kemudian minum ramuan ini secara teratur sampai kencing tidak tersendat lagi. 
  • Untuk mengatasi rambut rontok. Caranya : Rebus kacang hijau dalam 1 gelas air, saat merebus kacang jangan sampai pecah. segera angkat bila sudah terlihat agak matang agar kacang tidak pecah. Kemudian setelah dingin air rebusan kacang hijau ini di gunakan untuk membasahi kulit kepala sambil di pijat pijat, diamkan sampai kering lalu keramas. 
  • Biang keringat. Caranya : Rebus 60 gr kacang hijau yang sudah di buat bubuk kacang hijau bersama dengan 50 gr tanaman krokot dengan air secukupnya. Setelah matang saring dan minumkan sebanyak 3 kali sehari. 
  • Demam pada bayi. Caranya : Minumkan 1 gelas air rebusan kacang hijau di campur dengan 1 sendok makan madu pada bayi. 
  • Untuk mengobati bisul. Caranya : Untuk bisul yang belum matang, rebus 50 gr kacang merah kecil, 50 gr kacang hijau, 50 gr kacang hitam, 2 ruas jahe. Semua bahan direbus kecuali jahe, jahe direbus tersendiri dan air rebusan jahe di campurkan dengan air rebusan kacang -kacangan. Minum secara teratur, dan untuk bisul yang sudah matang ramuan di tambahkan dengan madu. 
Sangat banyak sekali jika kita benar-benar bisa memanfaatkan kacang hijau untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita. Siapa yang tidak suka kacang hijau, semua orang pasti suka. Rasanya yang enak membuat kacang hijau menjadi makanan populer di Indonesia, di tangan-tangan terampil, kacang hijau diubah menjadi makanan yang sangat enak. Semoga manfaat kacang hijau diatas bermanfaat.