Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat lidah buaya memang sangat beraneka ragam. Lidah buaya ternyata tidak hanya dimanfaatkan untuk kecantikan, ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk kesehatan. Lidah buaya biasanya memang digunakan untuk perawatan rambut. Dengan menggunakan lidah buaya, rambut bisa menjadi lebih hitam dan lebat berkilau.

Tanaman lidah buaya dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Namun seiring dengan banyaknya permintaan pasar, kini tumbuhan ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. 

Tidak hanya untuk obat tradisional saja, kini lidah buaya juga dimanfaatkan dalam pembuatan bahan baku farmasi dan kosmetika. Seiring perkembangan kemajuan teknologi dan informasi saat ini, maka semakin canggih pula pengolahan tanaman ini untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Manfaat Lidah Buaya


Tanaman lidah buaya juga bisa dibuat jus yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Karena merupakan bahan alami, maka tanaman ini aman untuk dikonsumsi. Selain itu, lidah buaya juga banyak mengandung nutrisi yang sarat mineral, asam amino dan vitamin seperti vitamin B kompleks, C, A. Mineral yang terkandung dalam lidah buaya juga cukup tinggi seperti magnesium, selenium dan zinc. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang dikutip dari okezone.com.

  • Untuk mengobati penyakit radang tenggorokan. Caranya, ambil 1 helai daun lidah buaya kemudian cuci dan kupas. Ambil isinya kemudian potong-potong atau diblender. Lalu tambahkan 1 sendok makan madu murni. Dapat diminum 3 kali dalam sehari.
  • Untuk mengobati penyakit ambeien. Caranya, ambil setengah batang daun lidah buaya yang sudah dibersihkan dengan membuang durinya, kemudian cuci, lalu diparut. Tambahkan setengah gelas air panas, kemudian peras. Masukkan 2 sendok makan madu murni. Anda dapat meminumnya tiga kali sehari dalam keadaan hangat.
  • Untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Caranya ambil 2 batang daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan dibuang durinya. Kemudian potong-potong untuk direbus dengan 3 gelas air, setelah itu, saring dan minum hasil saringan tersebut setelah makan, tiga kali dalam sehari. Diminum dengan dosis setengah gelas setiap kali minum.
  • Untuk mengobati sembelit. Caranya, ambil setengah batang daun lidah buaya, cuci bersih dan kupas. Setelah dikupas, potong isinya kecil-kecil. Seduh dengan setengah gelas air. Beri 1 sendok makan madu murni. Makan saat masih terasa hangat dua kali dalam sehari. 
  • Untuk menurunkan kadar gula darah. Caranya, ambil satu pelepah lidah buaya ukuran besar kurang lebih seukuran telapak tangan. Kemudian bersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam kurang lebih selama 30 menit dalam air garam. Kemudian remas sebentar, lalu bilas di bawah air yang mengalir misalnya air kran. Setelah dibilas, rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Setelah itu dinginkan dan minum sebanyak setengah gelas, dua atau tiga kali dalam sehari.
  • Untuk Penyubur rambut. Caranya, amnbil 2 pelepah lidah buaya kemudian cuci dan kupas sampai bersih. gosokkan isinya pada kulit kepala. Sebelum digosok menggunakan isi lidah buaya tersebut, sebaiknya keramasi rambut terlebih dahulu pada sore hari. Setelah digosokkan pada kulit rambut kemudian bungkus dengan kain. Bilas pada keesokan harinya. Anda dapat melakukannya setiap hari selama tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tumbuhan lidah buaya juga bisa dibuat minuman jus yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Dengan minum 2 sampai 4 ons, atau setara dengan setengah cangkir jus lidah buaya setiap hari, dapat membuat kulit terlihat bersih dan dapat memperbaiki kualitas kulit Anda. Selain lidah buaya, manfaat daun sirih juga banyak dipakai dalam dunia kesehatan. Masih ragu dengan manfaat lidah buaya?