Manfaat Propolis Sarang Lebah Madu Untuk Kesehatan

Manfaat propolis mungkin masih banyak dari kita yang belum mengetahuinya. Apa sebenarnya propolis? Propolis merupakan zat yang terdapat dalam sarang lebah yang dikumpulkan oleh lebah pekerja dari daun-daun dan getah pohon tertentu. Zat tersebut bagi lebah berguna untuk memperkuat sarang, untuk menambal celah masuk sehingga membuat sarang lebah lebih aman, mengurangi getaran, mencegah penyakit dan parasit yang masuk sarang lebah dan mencegah pembusukan pada sarang lebah.

Mungkin manfaat madu lebih populer dari pada propolis, namun seiring dengan perkembangan teknologi, banyak ilmuan yang meneliti tentang kandungan yang terdapat dalam propolis sarang lebah. Dan ternyata propolis memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan yang bisa kita coba.

Manfaat Propolis


Jumlah kandungan yang terdapat dalam propolis tidak sama satu sarang dengan sarang lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh tempat dan sumber makanan yang terdapat di sekitar sarang lebah tersebut. Namun secara umum, komposisi propolis yang baru diambil dari sarang lebah terdiri dari kurang lebih 50% resin, 30 % lilin lebah, 10 % essential oils, 5 % Pollen dan 5 % sisa-sisa tanaman. 

Karena terdapat beberapa kandungan bahan yang berbeda, maka propolis tidak bisa langsung digunakan begitu saja.  Harus di ekstrak atau dipisahkan sehingga dapat mengambil bagian yang dapat digunakan. Untuk memisahkannya dapat menggunakan air atau minyak makan. Namun jika Anda ingin praktis, banyak toko-toko kesehatan yang menjual propolis yang sudah di ekstrak sehingga kita tinggal mengkonsumsinya saja.

Dalam dunia medis, manfaat propolis diantaranya adalah untuk  inflamasi (peradangan), penyakit karena virus (viral deaseases), ulcers, dan juga untuk luka bakar dangkal, untuk meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan, untuk mengurangi risiko terkena katarak, dan untuk mengobati sakit tenggorokan. Propolis juga mengandung Bioflavanoid yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk suplemen sel.

Antibiotik dan anti oksidan alami yang terdapat dalam propolis ternyata sangat kuat, yaitu setara dengan 750 kali kekuatan vitamin C. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba mengkonsumsinya untuk mendapatkan manfaat propolis secara maksimal.