Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dan Penyebabnya

Cara menghilangkan jerawat memang harus dilakukan secara tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Cara yang salah dapat memperburuk kondisi kulit dan bisanya meninggalkan bekas yang susah untuk dihilangkan. Semua orang dari berbagai kalangan usia bisa terkena jerawat, tapi kebanyakan jerawat terjadi pada masa remaja.

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi karena pori-pori kulit tersumbat minyak, bakteri, dan sel-sel kulit mati. Namun berbeda dengan jerawat pada umumnya, jerawat batu lebih sulit dihilangkan dari pada jerawat biasa dan cenderung membekas pada kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu


Masalah kulit ini bisa terjadi tergantung dari seberapa dalam minyak masuk kedalam pori-pori kulit. Biasanya komedo terjadi jika minyak menyumbat dekat permukaan kulit, namun jika penyumbatan terjadi lebih kedalam dan disertai nanah maka saat itulah terjadi jerawat.

Penyebab jerawat batu belum diketahui secara pasti, namun seperti yang dikutip okezone.com, ada beberapa hal yang dapat memperburuk kondisi jerawat. Berikut ini beberapa hal tersebut yang harus diperhatikan.
  • Faktor hormonal wanita saat haid
  • Kehamilan
  • Penggunaan kosmetik saat berjerawat
  • Memencet jerawat
Pengobatan jerawat batu biasanya sulit disembuhkan dari luar. Jerawat jenis ini membutuhkan perawatan khusus oleh dokter. Biasanya dokter akan memberi suntikan kortison untuk mengempeskan jerawat. Selain itu, beberapa antibiotik juga dapat mengurangi bakteri. 

Sedangkan cara menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan menggunakan laser, microdermabrasi, dan pengijisan kulit rusak menggunakan bahan kimia. Tentu saja semua itu dilakukan oleh dokter ahli, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Cara menghilangkan jerawat batu yang tepat akan membuat kulit Anda bersih dan mulus. Semoga bermanfaat!