Cara Menghilangkan Ketombe Secara Tepat Dan Mudah

Cara menghilangkan ketombe harus dilakukan dengan tepat. Jangan pernah sekalipun meremehkan ketombe karena jika dibiarkan secara terus menerus dapat menyebabkan rambut rontok. Pasti Anda tidak menginginkan semua itu terjadi bukan? Untuk itu rawatlah rambut secara rutin dan benar.

Ketombe adalah infeksi yang terjadi pada kulit kepala dan dapat menyebabkan gatal serta penipisan rambut sehingga terjadi kerontokan. Selain itu, ketombe juga sangat mengganggu penampilan karena harus menyesuaikan pakaian mana yang pas agar ketombe tidak kelihatan.

Cara Menghilangkan Ketombe


Ketombe dapat muncul karena kita kurang menjaga kebersihan rambut. Jadi usahakan rambut selalu bersih agar ketombe tidak datang. Juga hindari menggunakan sisir secara bergantian dengan orang lain karena dapat menyebabkan penularan infeksi penyebab ketombe. Jika Anda terlanjur mengalami masalah diatas, berikut ini cara menghilangkan ketombe yang dikutip dari wolipop.detik.com.

  • Menjaga kebersihan kulit kepala. Jika Anda ingin menghilangkan ketombe, maka menjaga kebersihan kulit kepala sangatlah penting. Gunakan shampo yang khusus menangani ketombe, usahan gunakan shampo yang mengandung Zinc Pyrithione, Tea-tree Oil, Teh Hijau, dan ketoconazole.
  • Keramas secara teratur. Keramas secara teratur dapat mencegah akumulasi sel kulit mati pada permukaan kulit kepala. Cuci rambut Anda kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu. Untuk hasil yang lebih baik sebaiknya gunakan shampo herbal dan shampo pengobatan ketombe.
  • Gunakan Conditioner. Gunakan conditioner pada rambut, bukan pada kulit kepala. Bersihkan sisa conditioner pada raumbut karena jika tidak bersih justru akan memperburuk rambut Anda.
  • Sisir Secara Teratur. Menyisir rambut secara teratur dapat mengusir ketombe dan sel kulit mati dari kulit kepala Anda.
  • Konsumsi Vitamin B Kompleks. Karena vitamin B secara aktif dapat mengendalikan ketombe. Perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau, telur dan protein karena dapat mencegah ketombe muncul serta membuat rambut menjadi lebih kuat.
  • Aplikasi Eksternal. Oleskan campuran beberapa tetes lemon dan minyak mustard pada kulit kepala, kemudian pijit perlahan dan biarkan kurnag lebih selama 1 jam. Lalu cuci rambut dengan air hingga bersih. Ini merupakan obat yang mujarab untuk mengontrol ketombe.
Ketombe merupakan permasalah rambut yang cukup serius. Jadi segera atasi masalah tersebut agar Anda lebih percaya diri saat memakai baju atau pakaian berwarna gelap. Jika rambut Anda terlanjur rontok, Anda bisa membaca artikel tentang cara mengatasi rambut rontok. Semoga cara menghilangkan ketombe diatas bisa bermanfaat. Selamat mencoba!