Inilah Penyebab Gigi Berwarna Kuning

Penyebab gigi kuning bisa bermacam-macam, bisa karena antibiotik, makanan dan sejenisnya. Namun pada dasarnya warna gigi adalah putih kekuningan. Tingkat warna gigi yang parah dimulai dari warna kuning sampai kehitaman dengan garis yang terlihat jelas.

Perbedaan warna kuning pada gigi dapat terlihat dari penyebabnya. Untuk gigi berwarna kuning yang disebabkan karena makanan, warna kuningya terlihat semu. Sedangkan pada gigi yang disebabkan antibiotik, warna kuningnya terlihat agak gelap.

Penyebab Gigi Kuning


Seperti yang dikutip dari okezone.com, penyebab gigi kuning bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu Faktor Ekstrinsik atau faktor luar dan Faktor Intrinsik atau faktor dari dalam. Berikut ini penjelasannya.
  • Faktor Ekstrinsik. Faktor dari luar yang menyebabkan gigi menjadi kuning adalah minuman seperti teh, kopi, minuman bersoda, dan makanan yang berwarna pekat misalnya kari, serta gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, alkohol, dan kebiasaan menyirih. Selain itu, plak atau sisa makanan yang menumpuk jika tidak segera dibersihkan dengan cara disikat sampai bersih akan memberikan warna kuning pada gigi.
  • Faktor Intrinsik. Ada jenis antibiotik yang dapat membuat gigi menjadi kehitaman seperti tetrasiklin, namun sekarang jarang dipakai. Antibiotik jenis ini memberi warna dari dalam. Kejadian ini sering dijumpai pada anak-anak, di mana giginya sedang dalam proses pembentukan kristal-kristal gigi.
Jangan biarkan gigi kuning merusak penampilan Anda. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hindari makanan dan minuman yang dapat  membuat gigi Anda berubah warna. Namun jika gigi Anda terlanjur berwarna kuning, maka cara memutihkan gigi secara aman merupakan pilihan yang tepat.